PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR'AN PADA SISWA KELAS II MTs AL IRSYAD TENGARAN SEMARANG TAHUN 2007/2008

Maksur, Maksur (2008) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIZHUL QUR'AN PADA SISWA KELAS II MTs AL IRSYAD TENGARAN SEMARANG TAHUN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)

Abstract

Al-Qur'an adalah kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui prantara malaikat jibril as yang terbagi dalam 30 juz dan tergabung dalam mushaf serta membacanya termasuk ibadah. Al-Qur'an merupakan kitab suci Agama Islam yang dijamin keaslian dan kemurnian isinya oleh Allah Swt. Namun, bukan berarti ummat islam bisa tinggal diam dan membiarkan sunnatullah tersebut tanpa berusaha untuk menjaganya. Menghafal adalah salah satu cara untuk melindungi keaslian Al-Qur'an. Sedangkan mengajarkan Al-Qur'an akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah Ta'ala. Mengajarkan Al-Qur'an tidaklah semudah membalik telapak tangan, bahkan dalam perjalananya akan mendapatkan halangan dan rintangan baik dari pihak guru ataupun dari pihak siswanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah peroblematika yang dihadapi dalam pembelajaran tahfizhul Qur'an pada siswa? Bagaimanakah solusi atas problematika yang ada? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mencari problematika pembelajaran tahfizhul Qur'an dan memberikan solusi terhadap problematika yang dihadapi. Adapun manfaatnya adalah sebagai tambahan informasi dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam dan sebagai bahan masukan bagi pengelola dan pendidik di MTs Al-Irsyad untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi serta dilengkapi dengan metode angket. Wawancara dan angket digunakan untuk mencari data tentang problematika pembelajaran tahfizhul Qur'an. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang jumlah siswa, data prestasi pelajaran tahfizhul Qur'an, jumlah tenaga pengajar dan karyawan serta data kurikulum MTs Al-Irsyad. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang letak geografis, keadaan gedung dan fasilitasfasilitas yang ada serta data-data yang mendukung penelitian. Sedangkan tehnik analisis datanya adalah induktif dan deduktif karena pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Kemudian ditarik kesimpulan sebagai data analisis terahir. Penelitian ini menemukan beberapa problematika dalam pembelajaran tahfizhul Qur'an di antaranya problem dari pihak siswa, guru, metode, materi, waktu dan media pembelajaran (sarana). Di ahir peneltian, penulis memberikan beberapa solusi terhadap problematika yang ada sehingga dapat ditindak lanjuti oleh pengelola atau tenaga pengajar yang bersangkutan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an, pembelajaran tahfizhul Qur'an, problematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2009 03:38
Last Modified: 24 Feb 2011 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item