HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Wahyudi, Anang Fared (2008) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000020027.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
G000020027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam dalam keluarga sangatlah penting bagi remaja karena merupakan potensi yang menekan atau mengurangi kenakalan remaja. Tetapi kenyataannya para remaja itu sendiri sering melanggar ajaran-ajaran agamanya, sehingga dengan mudah mendapat pengaruh jelek untuk melakukan suatu tindakan kenakalan. Kenakalan remaja merupakan masalah besar yang sedang dihadapi oleh pemerintah dan belum bisa teratasi sepenuhnya, terutama dalam dunia pendidikan. SMA AL ISLAM 3 Surakarta merupakan salah satu sekolah menengah yang berlabel Islam. Berdasrkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut,(1) Bagaimana pendidikan agama Islam yang diperoleh dalam keluarga dan kenakalan remaja pada siswa SMA AL ISLAM 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008,(2) Adakah hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kenakalan remaja pada siswa SMA AL ISLAM 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui,(1) Pendidikan agama Islam dalam keluarga dan kenakalan remaja pada siswa SMA AL ISLAM 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008,(2) Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kenakalan remaja pada siswa SMA AL ISLAM 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Metode penentuan subjek menggunakan populasi dan sampel, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008, sebanyak 205 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 berjumlah 70 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Tekhnik sampling yang digunakan adalah tekhnik total sampling atau sampel jenuh. Tekhnik pengumpulan data yang dipakai menggunakan tekhnik angket, dokumentasi dan wawancara. Tekhnik analisis yang dipakai menggunakan analisis statistic dengan tekhnik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMA Al Islam 3 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang memperoleh rhitung < rtabel yaitu -0,541 < -0,235 diterima pada taraf signifikan 5 %. Nilai koefisien korelasi bernilai negatif (-0,541), hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara pendidikan agama dalam keluarga dengan kenakalan remaja bermakna negatif. Artinya setiap jika pendidikan agama dalam keluarga semakin meningkat, maka kenakalan remaja semakin berkurang. Sebaliknya jika pendidikan agama dalam keluarga semakin rendah, maka kenakalan remaja akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam, kenakalan remaja.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2009 02:40
Last Modified: 24 Feb 2011 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item