PENGARUH KEHALUSAN FLY ASH SEBAGAI BAHAN SUBTITUSI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN DURABILITAS BETON HIGH VOLUME FLY ASH MUTU NORMAL

Nur Ihsan, Ibnu and , Mochamad Solikin, ST.,MT.,PhD. (2021) PENGARUH KEHALUSAN FLY ASH SEBAGAI BAHAN SUBTITUSI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN DURABILITAS BETON HIGH VOLUME FLY ASH MUTU NORMAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (859kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Abstrak Beton merupakan bahan utama dalam pembuatan suatu konstruksi. Baik pembangunan gedung, jembatan, ataupun pekerjaan pembangunan lain. Beton high volume fly ash merupakan beton yang sudah terbukti menghasilkan kekuatan yang hampir sama dengan beton pada umumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat kehalusan fly ash terhadap kuat tekan dan durabilitas beton high volume fly ash mutu normal. Dalam penelitian ini, penggunaan fly ash sebesar 50% digunakan sebagai subtitusi dari total semen. Tahapan penelitian ini dimulai dari tahapan mencari faktor air semen, melakukan pencampuran bahan sesuai dengan perencanaan, mencari nilai slump kemudian dilanjutkan penuangan beton segar ke dalam cetakan silinder dengan ukuran diameter 15cm dan tinggi 30cm. Dilakukan perawatan dengan cara merendam benda uji selama 14 hari, 28 hari dan 56 hari , kemudian dilakukan pengujian kuat tekan dan durabilitas beton. Hasil penelitian ini berupa kuat tekan rata-rata beton acuan mutu normal dengan kenaikan terbesar pada umur 56 hari sebesar 18%. Sedangkan kenaikan terbesar kuat tekan rata rata beton fly ash lolos saringan 200 yaitu pada umur 56 sebesar 18% dan untuk beton fly ash lolos saringan 400 yaitu pada umur 56 hari sebesar 13%. Selain itu juga dilakukan pengujian durabilitas beton dengan hasil rata-rata durabilitas beton acuan mutu normal sebesar 1845 column. Sedangkan rata-rata durabilitas beton fly ash lolos saringan 200 sebesar1806 column dan rata-rata durabilitas beton fly ash lolos saringan 400 sebesar 987 column. Dapat di simpulkan bahwa semakin halus penggunaan fly ash semakin tinggi kuat tekan yang di hasilkan serta semakin baik ketahanan beton terhadap ion clorida. Kata kunci : beton ,beton high volume fly ash, kuat tekan beton, durbilitas beton.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: beton ,beton high volume fly ash, kuat tekan beton, durbilitas beton.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: IBNU NUR IHSAN
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:35
Last Modified: 20 Sep 2021 01:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94428

Actions (login required)

View Item View Item