ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009

NUGROHO , ANNO RESPATI (2010) ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
K100040147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
PDF
K100040147.pdf

Download (107kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 386/Menkes/SK/IV/1994. Kategori penelitiannya adalah non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Populasinya adalah semua iklan display obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak yaitu koran JP, koran K, koran R, koran SI dan tabloid E periode bulan Februari–April 2009. Sampel adalah iklan display produk jamu yang terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, ketidaksesuaiannya meliputi informasi disampaikan tidak objektif (22,73%), informasi disampaikan tidak lengkap (72,72%), menggunakan kata super (13,64%), memuat pernyataan kesembuhan dari seseorang (18,18%), memberikan garansi khasiat (27,27%), tidak diberi kotak hitam (22,73%), tidak mencantumkan nomor pendaftaran (36,36%), mengklaim dapat menyembuhkan penyakit diabetes (4,55%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklan, jamu, media cetak
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2010 09:46
Last Modified: 21 Dec 2010 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9426

Actions (login required)

View Item View Item