PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA PARAPLEGI FRANKLE D POST LAMINECTOMY AKIBAT FRAKTUR KOMPRESI VERTEBRA LUMBAL III DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Ardiatmi, Felita (2008) PENATALAKSANAAN TERAPI LATIHAN PADA PARAPLEGI FRANKLE D POST LAMINECTOMY AKIBAT FRAKTUR KOMPRESI VERTEBRA LUMBAL III DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J100050023.pdf

Download (180kB)
[img] PDF
J100050023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Paraplegi adalah paralisis komplit maupun inkomplit pada anggota gerak bawah karena kerusakan medula spinalis thorakal, lumbal, atau serabut–serabut sakral hal ini mengakibatkan terjadinya permasalahan kapasitas fisik berupa kelemahan pada kedua tungkai, nyeri pada bekas operasi, potensial terjadi decubitus, gangguan pernapasan, keterbatasan lingkup gerak sendi dan kontraktur anggota gerak bawah serta adanya gangguan aktivitas fungsional berupa gangguan aktivitas menggeser pantat, miring ke kiri dan ke kanan secara mandiri, duduk, berdiri dan berjalan Untuk memberikan penanganan yang efektif dan efisien, maka dilakukan suatu penatalaksanaan fisioterapi atau proses fisioterapi yang dilakukan dengan dokumentasi. Penelitian karya tulis ini menggunakan metode studi kasus dengan pelaksanaan terapi sebanyak 6 kali. Pelaksanaan meliputi segala tindakan fisioterapi yaitu pemeriksaan kekuatan otot dengan MMT (Manual Muscle Testing), nyeri dengan VDS (Verbal Descriptive Scale), keterbatasan lingkup gerak sendi dengan gonemeter, ada tidaknya decubitus dengan inspeksi dan data subyektif dari pasien, dan pemeriksaan kemampuan fungsional dengan Indeks Barthel. Dalam mengatasi permasalahan tersebut penulis menggunakan modalitas fisioterapi berupa terapi latihan. Tujuan dari modalitas tersebut yaitu untuk memelihara kekuatan otot anggota gerak yang sehat, menjaga sifat fisiologis dan meningkatkan kekutan otot-otot anggota gerak bawah, mencegah komplikasi seperti, decubitus, gangguan pernapasan, keterbatasan lingkup gerak sendi dan kontraktur otot, mengurangi nyeri dan melatih pasien untuk transfer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2009 04:59
Last Modified: 17 Nov 2010 09:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item