Korelasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpustakaan dengan Prestasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nisa, Maria Husnun and 'Aisyah, Ari Fatmawati (2021) Korelasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpustakaan dengan Prestasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
0012. Hasil Penelitian Korelasi Pemanfaatan Koleksi Digital Komplit.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas pokok Perpustakaan perguruan tinggi adalah mengembangkan pustaka dalam bentuk koleksi, baik koleksi dalam bentuk cetak maupun digital. Salah satu koleksi digital yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah ejournal Springer. Pemanfaatan ejournal ini menunjukkan angka yang sangat tinggi yakni mencapai 23.684 samapi dengan bulan Juni 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pemanfaatan koleksi digital Perpustakaan UMS dengan prestasi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitas dengan menggunakan uji statistik product moment (pearson correlation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemanfaatan koleksi digital perpustakaan (variabel X) dengan prestasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (variabel Y), di mana t hitung (0,700) > t tabel (0,207). Derajat hubungan antara pemanfaatan koleksi digital perpustakaan dan prestasi mahasiswa dengan nilai t hitung 0,700 tergolong kuat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Koleksi Digital, Prestasi Mahasiswa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 13 Aug 2021 15:59
Last Modified: 13 Aug 2021 15:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93411

Actions (login required)

View Item View Item