HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI MENGAKSES SITUS FACEBOOK PADA MAHASISWA

Karimah, Karimah (2010) HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI MENGAKSES SITUS FACEBOOK PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050022.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
F100050022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Dimensi sosial di masyarakat semakin memudar, manusia mencari cara untuk tetap diperhatikan oleh sesama, namun ironisnya cara tersebut adalah cara yang tidak berwujud, maya, dan tidak konkrit. Kegandrungan terhadap Facebook dan beberapa situs sosial lainnya membuat hidup lebih mudah karena dapat mengatasi perbedaan jarak dan waktu, dapat mempertemukan kembali teman lama dan dapat memulai persahabatan dengan teman baru, namun demikian batas-batas privasi menjadi tidak jelas, menimbulkan ketergantungan, dan memunculkan dunia sendiri yang terpisah dari dunia nyata, yang kerap terjadi adalah beberapa orang terlihat sangat akrab dan dekat karena sering berkomunikasi lewat facebook, namun di dunia nyata mereka tidak pernah bertegur sapa. Salah satu variabel yang diasumsi berperan terhadap motivasi mengakses situs facebook adalah konformitas teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan motivasi mengakses situs facebook; 2) Tingkat konformitas teman sebaya dan tingkat motivasi mengakses situs facebook; 3) Sumbangan efektif konformitas teman sebaya dengan motivasi mengakses situs facebook. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan motivasi mengakses situs facebook. Subjek penelitian mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Angkatan tahun 2008 yang menggunakan situs facebook, jumlah sampel sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan skala konformitas teman sebaya dan skala motivasi mengakses situs facebook.Teknik analisis data menggunakan metode analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,499; p = 0,000 (p < 0,01). Artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konformitas teman sebaya dengan motivasi mengakses situs facebook. Semakin tinggi konformitas teman sebaya maka semakin tinggi motivasi mengakses situs facebook, begitu pula sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah motivasi mengakses situs facebook. Hasil koefisien determinan (r2) sebesar 0,249. Hal ini berarti sumbangan efektif variabel konformitas teman sebaya terhadap motivasi mengakses situs facebook sebesar 24,9%, dan masih terdapat 75,1% variabel lain yang mempengaruhi motivasi mengakses situs facebook di luar variabel konformitas teman sebaya misalnya lingkungan, kebutuhan dan kepribadian. Berdasarkan hasil pengkategorian diketahui variabel konformitas teman sebaya mempunyai rerata empirik sebesar 117,457 dan rerata hipotetik sebesar 112.5 yang berarti konformitas teman sebaya pada subjek penelitian tergolong sedang. Variabel motivasi mengakses situs facebook diketahui rerata empirik sebesar 69,257 dan rerata hipotetik sebesar 70 yang berarti motivasi mengakses situs facebook pada subjek penelitian tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Facebook, teman sebaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:14
Last Modified: 13 Dec 2010 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item View Item