MOTIVASI MENYEKOLAHKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI

Aini, Isnata Nur (2010) MOTIVASI MENYEKOLAHKAN ANAK KE JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI DITINJAU DARI STATUS SOSIAL EKONOMI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040243.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
F100040243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Problem putus sekolah seringkali dianggap sebagai masalah akut. Sebab putus sekolah biasanya mengimbas pada kecenderungan buta aksara. Sebagian dari masyarakat, terutama di daerah pedesaan masih cukup banyak yang beranggapan bahwa bersekolah hanya untuk memperoleh ijazah. Sekolah tidak dipandang sebagai lembaga yang dapat memberi bekal bagi anak-anak guna mengembangkan dirinya. Beranjak dari pandangan demikian, orang tua cenderung mengarahkan anaknya untuk menyelesaikan sekolah hingga mencapai pendidikan dasar saja. Lebih memprihatinkan lagi perlakuan terhadap anak-anak perempuan yang cenderung diabaikan, bukan hanya dari segi kesempatan untuk bersekolah tetapi juga tidak mendapat dukungan. Kesadaran anak-anak usia sekolah pada daerah-daerah tertentu cenderung diarahkan pada kesulitan hidup, tuntutan ekonomi, serta sikap pesimis menghadapi persaingan kerja. Kondisi ini secara signifikan menurunkan minat dan motivasi anak-anak untuk bersekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dengan motivasi menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan motivasi menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi Subjek penelitian adalahKepala Keluarga Warga Desa Pancot Kidul Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar yang memiliki karakteristik: tingkat pendidikan lulus Sekolah Dasar; bisa membaca dan menulis. Jumlah subjek penelitian sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket status sosial ekonomi dan skala motivasi menyekolahkan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,532; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara status sosial ekonomi dengan motivasi menyekolahkan anak kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sumbangan efektif variabel status sosial ekonomi terhadap motivasi menyekolahkan anak kejenjang pendidikan yang lebih tinggi sebesar 28,3%. Status sosial ekonomi pada subjek tergolong sedang. Begitu pula motivasi menyekolahkan anak kejenjang pendidikan yang lebih tinggi pada subjek penelitian tergolong sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sekolah anak, sosial ekonomi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2010 05:25
Last Modified: 11 Dec 2010 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item