FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK PT. ASURANSI JIWA CENTRAL ASIA RAYA CABANG SURAKARTA

SETYAWAN, OKI (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK PT. ASURANSI JIWA CENTRAL ASIA RAYA CABANG SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060142.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
B100060142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih produk PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya cabang Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel efektivitas kegunaan, kemudahaan administrasi, jaminan klaim asuransi dan keamanan dana mempengaruhi keputusan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pada PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya cabang Surakarta, sedangkan sampel penelitian adalah 100 orang nasabah asuransi dengan menggunakan teknik convenience sampling. Pada penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas dan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji validitas diketahui seluruh butir pertanyaan yang ada pada instrument penelitian dapat dinyatakan layak sebagai instrument untuk mengukur data penelitian karena nilai r hitung > r table pada setiap variabel dependen maupun independen. Sedangkan pada uji reliabilitas variabel-variabel dinyatakan reliable karena koefisien alpha > r tabel. Pada uji t diketahui bahwa efektivitas kegunaan, kemudahan administrasi, jaminan klaim asuransi dan keamanan dana mempengaruhi keputusan konsumen. Sedangkan pada uji F, variabel efektivitas kegunaan, kemudahan administrasi, jaminan klaim asuransi dan keamanan dana mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen. Dan diketahui nilai R2 adalah sebesar 0,557. Berarti bahwa 55,7% variasi keputusan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel efektivitas kegunaan, kemudahan administrasi, jaminan kemudahan klaim asuransi dan keamanan dana, sedangkan sisanya 44,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Diharapkan PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya Cabang Surakarta untuk lebih memperhatikan produk asuransi yang dapat memenuhi selera nasabah sesuai dengan dinamika perkembangan yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan konsumen, Perilaku konsumen, Asuransi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2010 05:22
Last Modified: 06 Dec 2010 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item