HUBUNGAN MUSIK KLASIK DENGAN WAKTU PEMULIHAN PASIEN POST OPERASI SEKSIO CESARIA DENGAN SPINAL ANESTESI DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

Mulyono, Mulyono (2008) HUBUNGAN MUSIK KLASIK DENGAN WAKTU PEMULIHAN PASIEN POST OPERASI SEKSIO CESARIA DENGAN SPINAL ANESTESI DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J220060023.pdf

Download (253kB)
[img] PDF
J220060023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Latar belakang: Kecemasan dan ketakutan adalah menjadi permasalahan penting setiap pasien yang menghadapi operasi, takut tindakan anestesi, takut pembedahan, takut nyeri, takut berubah bentuk, kurang pengetahuan dan salah persepsi. Kecemasan yang timbul menjelang tindakan anestesi dan operasi akan mengganggu jalannya proses operasi. Kecemasan dapat meningkatkan frekwensi jantung yang dapat berpengaruh pada tekanan darah dan pernafasan pasien. Kecemasan dapat pula mempengaruhi dosis obat anestesi, kenaikan laju basal metabolisme pre anestesi dan meningkatkan kepekaan terhadap rasa sakit. Untuk mengurangi ketakutan dan kecemasan perlu kamar operasi yang terkesan rilek dan tidak menakutkan. Salah satunya dengan alunan musik di kamar operasi. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui adakah hubungan terapi musik klasik terhadap waktu pemulihan pasien post operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimental dengan statistik group comparison. Subjek dalam penelitian di bagi dalam dua kelompok, kelompok pertama pasien operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi pakai terapi musik klasik ( kelompok eksperimen ) sedangkan kelompok kedua adalah pasien operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi tanpa terapi musik klasik ( kelompok kontrol ). Hasil Penelitian: Hasil analisis menunjukkan bahwa waktu pemulihan pasien yang operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi pakai terapi musik klasik rata-rata 47,35 menit sedang waktu pemulihan pasien yang operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi tanpa terapi musik klasik rata-rata 72,45 menit. Kesimpulan Penelitian: Terapi musik klasik sangat efektif diterapkan pada pasien yang operasi seksio cesaria dengan spinal anestesi untuk menciptakan ketenangan dan situasi yang tidak menegangkan pada pasien, sehingga waktu pulih sadar pasien akan lebih cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: operasi seksio cesaria, spinal anestesi, terapi musik klasik, waktu pemulihan.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2009 04:12
Last Modified: 28 Feb 2011 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item