HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN DENGAN PERILAKU KEPATUHAN DALAM MENGONTROL GULA DARAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II KARTASURA

Sulistyaningrum, Fitri (2008) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN DENGAN PERILAKU KEPATUHAN DALAM MENGONTROL GULA DARAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J220060017.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
J220060017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah meningkatnya prevalensi penderita diabetes di Indonesia. Jumlah angka kesakitan di wilayah kerja Puskesmas sebanyak 133 penderita dengan tingkat pendidikan SD dan pendapatan sedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pendapatan dengan perilaku kepatuhan dalam mengontol gula darah di wilayah kerja Puskesmas II Kartasura. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Metode penelitian cross sectional. Variabel penelitian terdiri variabel bebas adalah tingkat pendidikan dan pendapatan sedangkan variabel terikat adalah perilaku kepatuhan dalam mengontrol gula darah. Sampel yang digunakan sebanyak 57 responden. Pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisa data dengan menggunakan Chi Square. Dari analisis data ditunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan dan pendapatan dengan perilaku kepatuhan dalam mengontrol gula darah. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas yang lebih kecil dari level of significant dari tingkat pendidikan adalah 5 % (0,010 < 0,05), dan pendapatan adalah (0,000 < 0,05), berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Perilaku Kepatuhan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2009 03:57
Last Modified: 28 Feb 2011 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item