PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI

ATMOJO, BAYU TRI (2010) PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050288.pdf

Download (68kB)
[img] PDF
B100050288.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, lokasi dan pelayanan secara individual dan bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? Penelitian ini populasi adalah semua pelanggan Rumah Makan Sido Semi yang sedang berkunjung atau yang sedang makan di RM Sido Semi Purwodadi. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Rumus yang digunakan dalam pengujian validitas menggunakan korelasi product moment: rxy = Keterangan: rxy ¬= Korelasi product moment N = Jumlah responden X = Nilai total variabel bebas Y = Nilai total variabel terikat Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara produk, harga, lokasi, pelayanan secara individual maupun bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan RM Sido Semi Purwodadi terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar X1 = 0,373, X2 = 0,314, X3 = 0,320 , X4 = 0,304 dan didukung hasil nilai thitung sebesar variabel produk (X1) sebesar 3,380, produk (X2) sebesar 2,363, lokasi (X3) sebesar 3,687, pelayanan (X4) sebesar 2,657 dimana semua nilai thitung > ttabel; selain itu diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (58,218 > 2,45); 2) Pernyataan hipotesis yang menyatakan bahwa produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang terbesar dari keempat variabel tersebut adalah variabel produk yaitu sebesar 3,380; sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,724 atau 72,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 72,4% sedangkan sisanya sebesar 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: produk, harga, lokasi, pelayanan, kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2010 05:21
Last Modified: 04 Dec 2010 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9108

Actions (login required)

View Item View Item