PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SULAIMAN , MUHAMMAD (2010) PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000070141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
G000070141.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bagi ummat, maka tidaklah heran jika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai satu-satunya sekolah kader yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menganut sistem pendidikan boarding school (asrama) berusaha agar para siswanya memiliki sifat kepemimpinan. Namun, dapat disadari bahwa pemimpin itu dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Dalam Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu bagian dan perangkat yang membantu proses panjang tersebut adalah mujanib. Rumusan masalah pada penelitian adalah adakah peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiayh Yogykarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 (siswa kelas 2, 3, dan 4 pada tahun pelajaran 2009/2010) yang pernah menjadi pimpinan pada organisasi pengurus asrama dan organisasi santri intra madrasah yang berupa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), dan Lembaga Pers Mu’allimin (LPM). Jumlah keseluruhan siswa ini adalah 125 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel peranan mujanib sebagai variabel bebas dan variabel kepemimpinan siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah koefisien korelasi antara peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, diperoleh 0,187, sehingga lebih besar dari harga r kritik dengan N=125 sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis bahwa ada peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peranan mujanib,kepemimpinan ,siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta,korelasi product moment.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Dec 2010 09:51
Last Modified: 03 Dec 2010 11:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9106

Actions (login required)

View Item View Item