HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG TERAPI BERMAIN PADA ANAK DI RUMAH SAKIT SE WILAYAH BOYOLALI

Sumaryoko, Sumaryoko (2008) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG TERAPI BERMAIN PADA ANAK DI RUMAH SAKIT SE WILAYAH BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J220060026.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
J220060026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar Belakang: Bermain merupakan aspek penting dalam kehidupan anak serta merupakan cara paling efektif untuk menurunkan stres pada anak dan penting untuk kesejahteraan mental dan emosional. Anak yang dirawat dirumah sakit akan mengalami hambatan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Hal itu terjadi karena keadaan penyakit dan kondisi psikologi yang dialaminya. Untuk mencegah dampak penyakit di perlukan stimulus bagi anak agar dampak yang dialami anak dapat diminimalkan. Stimulus yang dapat diberikan oleh tim kesehatan di Rumah Sakit salah satunya berupa terapi bermain. Tujuan: Untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan perawat tentang terapi bermain pada anak dengan Hospitalisasi di Rumah Sakit sewilayah Boyolali. Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif komperatif dengan rancangan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat yang dinas di ruang perawatan anak sewilayah Boyolali yang berjumlah 30 perawat. Jumlah sampel sebanyak 30 perawat. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validititas meggunakan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dan metode analisis data menggunakan uji chi square. Hasil: (1) Responden berpendidikan SPK sebanyak 5 orang (17%), responden yang berpendidikan D3 sebanyak 18 responden (60%) dan responden yang berpendidikan S-1 keperawatan sebanyak 7 orang (23%). (2) Responden yang mempunyai pengetahuan tentang terapi bermain pada anak dalam kategori baik sebanyak 14 orang (46,7%) dan yang mempunyai pengetahuan tentang terapi bermain pada anak dalam kategori tidak baik sebanyak 16 orang (53,3%). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan perawat tentang terapi bermain pada anak, semakin tinggi tingkat pendidikan responden, maka akan semakin baik tingkat pengetahuannya tentang terapi bermain pada anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pengetahuan, terapi bermain
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2009 03:23
Last Modified: 28 Feb 2011 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item