Sistem Informasi Reservasi Hotel Red Chilies Berbasis Web

Habibie, Mohammad Awaluddin and , Maryam S.Kom., M.Eng. (2021) Sistem Informasi Reservasi Hotel Red Chilies Berbasis Web. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI(18).pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Sistem Informasi Reservasi Hotel Red Chilies Berbasis Web, adalah sistem informasi yang fokus pada data reservasi yang dimasukan oleh resepsionis berkaitan dengan reservasi yang ada di dalam transaksi bisnis hotel tersebut.Pada sistem sebelumnya, data dimasukan secara manual dengan menggunakan MS.Excel. Resiko yang dimiliki adalah pengelolaan yang kurang efektif dan efisien.Menggunakan sistem informasi berbasis web,input data dari setiap transaksi dapat direkap dengan cepat. Oleh karena itu diperlukan sistem pencatatan berbasis website guna meningkatkan efisien sistem kerja di hotel. Dikembangkannya sistem ini bertujuan membantu pengelolaan data reservasimenjadi lebih efektif dan efisien, memudahkan dalam memasukan data reservasidan membantu pengelolaan data. Sehingga transaksi tercatat dan tersimpan dengan baik. Sistem dibuat dengan menggunakan metode SDLC Waterfall, didalamnya meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan perawatan sistem. Sistem berbasis Website, menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel, Text editor Sublime, dan Xampp sebagai localhost, DatabaseMySql. Adanya sistem informasi berbasis web akan mengatasi kesalahan dalam proses pencatatan secara manual serta mempermudah dalam membuat laporan keuangan yang berkaitan dengan reservasi untuk finalisasi data transaksi yang terkomputerisasi secara otomatis.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang telah diuji dengan black box, hasil uji black box menyatakan bahwa sistem berjalan baik dan sesuai yang diharapkan. Kuisioner dengan metode SUS mendapatkan hasil 71.8 yang berarti bahwa sistem layak dan diterima dengan baik oleh user.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berbasis web, hotel, reservasi, sistem informasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: MOHAMMAD AWALUDDIN HABIBIE
Date Deposited: 02 Jun 2021 01:51
Last Modified: 02 Jun 2021 01:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90641

Actions (login required)

View Item View Item