Penanaman Karakter Mandiri dan Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Panahan di MIN 2 Sukoharjo Program Khusus Tahfidzul Qur'an

Wahyuni, Tri and , Almuntaqo Zainuddin, M.Pd. (2021) Penanaman Karakter Mandiri dan Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Panahan di MIN 2 Sukoharjo Program Khusus Tahfidzul Qur'an. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (731kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (576kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi penanaman karakter mandiri, penanaman karakter disiplin, kendala dan solusi penanaman karakter mandiri dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler panahan di MIN 2 Sukoharjo Program Khusus Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penanaman karakter mandiri melalui kegiatan ekstrakurikuler panahan yaitu percaya diri dalam melakukan kegiatan tanpa keraguan, tanggung jawab menjaga peralatan serta dapat mengendalikan diri, Memiliki rasa ingin tahu pada obyek dan menanyakan setiap langkah kegiatan, Kemampuan bersaing memanah secara tepat agar memperoleh skor yang maksimal, Mengambil Keputusan dan inisiatif secara mandiri. Penanaman Karakter Disiplin melalui datang tepat waktu, menaati peraturan dan patuh pada instruksi saat latihan. Kendala penanaman karakter mandiri dan disiplin di MIN 2 Sukoharjo Program Khusus Tahfidzul Qur’an meliputi rasa antusias siswa kurang, Sarana yang kurang memadahi, belum serius dalam berlatih. Solusi dari kendala penanaman karakter mandiri dan disiplin di MIN 2 Sukoharjo Program Khusus Tahfidzul Qur’an meliputi pelatih memberikan pengarahan secara perlahan dan sabar serta harus memahami karakternya, Sekolah mengadakan pertemuan dengan wali murid (PGOM) dan dikenakan biaya sebesar 80.000 agar sarana dalam kegiatan Ekstrakurikuler panahan dapat menunjang kegiatan, Menciptakan Susana yang menyenangkan dalam berlatih.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mandiri, disiplin, panahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TRI WAHYUNI
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:24
Last Modified: 21 Apr 2021 02:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/90628

Actions (login required)

View Item View Item