HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK SDN KLECO II KELAS V DAN VI KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA

Kawuryan, Uji (2008) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK SDN KLECO II KELAS V DAN VI KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210040006.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
J210040006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Latar Belakang. Karies gigi merupakan kerusakan gigi yang progresif dari email dan dentin yang dimulai dari bekerjanya mikro-organisme pada permukaan gigi. Anak masih sangat tergantung pada orang dewasa dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan gigi karena kurangnya pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dibanding orang dewasa. Anak usia antara 6-12 tahun atau anak usia sekolah masih kurang mengetahui dan mengerti memelihara kebersihan gigi dan mulut, terbukti pada angka nasional untuk karies gigi usia 12 tahun mencapai 76,62% dengan indeks DMF-T (Decay Missing Filled-Teeth) rata-rata 2,21. Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta pembinaan kesehatan gigi terutama pada kelompok anak sekolah perlu mendapat perhatian khusus sebab pada usia ini anak sedang menjalani proses tumbuh kembang. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi anak Sekolah Dasar Negeri Kleco II Kecamatan Laweyan Surakarta. Metode penelitian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bersifat survei dengan menggunakan pendekatan secara cross sectional, untuk memperoleh gambaran tingkat pengetahuan anak sekolah dasar tentang kesehatan gigi dan mulut terhadap kejadian karies gigi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kleco II Kecamatan Laweyan Surakarta dengan mengambil sampel sebanyak 54 siswa kelas V dan VI. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan Chi Square. Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut di SDN Kleco II Kecamatan Laweyan Surakarta sebagian besar dalam kategori sedang. (2) Sebagian besar responden di SDN Kleco II Kecamatan Laweyan Surakarta tidak mengalami karies gigi. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis, maka ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan kejadian karies gigi anak SDN Kleco II kelas V dan VI Kecamatan Laweyan Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut, Kejadian karies gigi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Feb 2009 04:38
Last Modified: 01 Mar 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item