IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MURIANTO , SEPRI (2010) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070083.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
G000070083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak dan hambatan apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak serta bagaimana solusinya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Tingkat Pendidikan dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan serta solusinya di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak memiliki 2 (dua) tujuan, yaitu: tujuan umum dan khusus; (2) Materi Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah kelas VII adalah pendidikan Kemuhammadiyahan, Islam di Indonesia, kebangkitan umat Islam di Indonesia, berdirinya Muhammadiyah, Muhammadiyah sebagai gerakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar, hambatan serta tantangan Muhammadiyah. Sedangkan kelas VIII adalah Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM), kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCH), khittah perjuangan Muhammadiyah, pimpinan pusat Muhammadiyah dari masa ke masa; (3) Pengembangan silabus pelajaran Kemuhammadiyahan belum sesuai dengan KTSP karena pengembang silabus adalah Majelis Dikdasmen Kota Sukoharjo; (4) Pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak dilaksanakan dengan tiga kegiatan: yaitu kegiatan pembukaan guru memberikan salam pembuka selanjutnya guru menjelaskan pelajaran yang lalu secara singkat, kegiatan inti guru menjelaskan materi pelajaran Kemuhammadiyahan secara jelas dan kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah dijelaskan kemudian guru menugasi siswanya untuk menulis materi yang dijelaskan, dan kegiatan penutup guru memberikan salam penutup saja seharusnya guru menarik kesimpulan mengenai materi yang di pelajari dan memberikan post test baik secara lisan, tulisan atau perbuatan ; dan (5) Hambatan dan solusi implementasi KTSP dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak terdiri dari 7 hambatan beserta solusinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum, SMP Muhammadiyah 1 Gatak, Kemuhammadiyahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Nov 2010 10:02
Last Modified: 19 Nov 2010 10:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item