UMS ETD-db

HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PRAKTIK DILABORATORIUM KETERAMPILAN KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Solikah, Siti Nur (2008) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PRAKTIK DILABORATORIUM KETERAMPILAN KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
142kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

615kB

Abstract

Latar Belakang: Memasuki era globalisasi, tuntutan dari lapangan kerja membutuhkan tenaga yang terampil dan profesional. PSIK FIK UMS (Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta), merupakan institusi pendidikan di bidang kesehatan, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berkualitas dan berakhlak mulia, yang memiliki pengetahuan secara holistik. Pembelajaran praktik di laboratorium merupakan aplikasi dari teori, ketika mahasiswa mengikuti pembelajaran di kelas, sebelum mahasiswa berhadapan dengan pasien yang sesungguhnya. Minat belajar merupakan alat motivasi utama yang dapat menumbuhkan semangat belajar. Apabila minat belajar mahasiswa rendah, maka motivasi belajarnya juga rendah dan pada akhirnya akan menghasilkan output proses pembelajaran yang tidak baik. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktik di laboratorium keterampilan keperawatan UMS. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PSIK S1 program regular semester III, V dan VII tahun ajaran 2007/2008. Jumlah responden sebanyak 60 mahasiswa yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan data yang telah terkumpul dianalisis dengan spearman-rank. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktik laboratorium keterampilan keperawatan UMS 38.8% termasuk dalam kategori tinggi. (2) motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktik laboratorium keterampilan keperawatan UMS 40% termasuk dalam kategori tinggi (3) Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran praktik di laboratorium keterampilan keperawatan UMS (koefisien korelas rho= 0.737 pada taraf signifikan 5% dengan probabilitas= 0,001).

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:J210040020
Uncontrolled Keywords:minat belajar, motivasi belajar, pembelajaran praktik
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
ID Code:895
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:07 Feb 2009 04:22
Last Modified:01 Mar 2011 06:17

Repository Staff Only: item control page