Perancangan Islamic Centre Sebagai Induk Kegiatan Dari Asrama Haji Donohudan Berdasarkan Arsitektur Perilaku Dalam Islam

Verintina, Kikin and -, Ir. Samsudin Raidi, MSc (2021) Perancangan Islamic Centre Sebagai Induk Kegiatan Dari Asrama Haji Donohudan Berdasarkan Arsitektur Perilaku Dalam Islam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN .pdf

Download (765kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I .pdf

Download (611kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kita ketahui bersama bahwa peradaban membicarakan mengenai kemajuan Islam dimasa lampau dan kemunduran Islam dimasa kini. Namun, tidak bisa dielakkan lagi bahwa keadaan pada masa sekarang adalah berbanding seratus delapan puluh derajat dari kondisi Umat Islam pada masa lampau. Banyak kalangan yang menyadari kemunduran, kelemahan serta padamnya kejayaan mereka pada kondisi Umat Islam masa sekarang. Umat Islam dengan segala bentuk tekad berusaha meraih kembali kejayaan dan keunggulan atas umat lainnya, semua berusaha meraihnya dengan memajukan peradaban Islam di dunia. Salah satu faktor yang turut menyokong dalam proses memajukan peradaban Islam didunia adalah pelaksanaan rukun Islam yang kelima yaitu Haji. Kegiatan dalam lingkup pelaksanaan haji ini diwadahi oleh Asrama Haji baik sesudah maupun sebelum berhaji. Sedangkan dilihat dari lingkupnya, serangkaian dari kegiatan sebelum haji ini dapat tercipta disuatu wadah bernama Islamic Centre. Pada proses perancangan ini dimaksudkan untuk merancang serangkaian kegiatan yang masuk ke dalam wadah Islamic Centre. Sejalan dengan proses perencanaan ini, isu-isu keruangan seperti wacana landmark serta isu psikis dan sosial telah timbul berbagai masalah dalam lingkup berhaji, seperti tingginya tingkat stressor calon jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kultur, cara pandang dan budaya ditiap individunya dalam menyikapi masalah psikis calon jemaah haji ini. Untuk itu dibutuhkan penyelaras atau stimulus guna menekan laju stressor calon jemaah haji bahkan civitas lain yang dimaksudkan agar senantiasa khusyuk ketika melaksanakan kegiatan pra dan pasca haji atau kegiatan yang lain yang diwadahi Islamic Centre ini seperti kegiatan Ubudiyah dan Muamallah. Pendekatan Arsitektur Lingkungan dan Perilaku secara sistematis digunakan dalam memunculkan solusi arsitektural guna menyelaraskan antara kebutuhan lingkungan fisik, biotis dan sosial yang optimal. Arsitektur Islam pun turut menjadi langgam pada proses perancangan ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Centre, Arsitektur Lingkungan Dan Perilaku, Arsitektur Islam
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: KIKIN VERINTINA
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:03
Last Modified: 19 Feb 2021 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89461

Actions (login required)

View Item View Item