Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Merek Sabun Mandi Oleh Konsumen Di Kalangan Santri Pondok Pesantren

Anas , Azwar (2010) Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Merek Sabun Mandi Oleh Konsumen Di Kalangan Santri Pondok Pesantren. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100020137.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
B100020137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor dari marketing mix yang bisa mempengaruhi konsumen di kalangan santri ppndok pesantren dalam menentukan merek sabun mandi yang menjadi pilihannya; (2) Untuk mengetahui perilaku konsumen di kalangan santri pondok pesantren dalam menentukan merek sabun mandi yang dipilih; (3) Untuk mengetahui berapa besarnya pengaruh faktor-faktor dari marketing mix terhadap perilaku konsumen di kalangan santri pondok pesantren dalam pemilihan merek sabun mandi. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah santri pondok pesantren AL AZHAR di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 100 responden, dengan metode pengambilannya adalah pusposive sampling. Pengukuran variabel dengan kuesioner dengan 5 skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan: Y = 5,476 + 0,144X, + 0,162X2 + 0,180X3 + 0,222X4 + e. Berdasarkan hasil analisis data di atas ternyata variabel produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam memilih merk sabun mandi di kalangan santri pondok pesantren, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 12,768 lebih besar dari nilai Ftabelsebesar 2,48. Demikian juga berdasarkan uji t, juga terdapat pengaruh faktor produk harga, promosi dan distribusi terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan merk sabun mandi di kalangan pondok pesantren. Nilai thitung variabel produk sebesar 2,119 > nilai tabel (1,985) berarti produk berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Nilai thitung variabel harga sebesar 2,003 > nilai ttabel (1,985) berarti harga berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Nilai thitung variabel promosi sebesar 1,997 > nilai ttabel (1,985) berarti promosi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Nilai thitung variabel distribusi sebesar 2,592 > nilai ttabel (1,985) berarti distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen. Besarnya sumbangan pengaruh faktor produk, harga, promosi dan distribusi terhadap perilaku konsumen dalam memilih merk sabun mandi sebesar 35%, sedangkan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh selain keempat faktor tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Perilaku Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2010 09:26
Last Modified: 13 Nov 2010 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item