ALTERNATIF PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PEMBERI LAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus pada Poliklinik dan Rumah Bersalin Rejosari Husada Delanggu Klaten)

WAHYUNI, SRI (2010) ALTERNATIF PENERAPAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENILAIAN KINERJA PEMBERI LAYANAN KESEHATAN (Studi Kasus pada Poliklinik dan Rumah Bersalin Rejosari Husada Delanggu Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
B200050291.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
B200050291.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengukuran kinerja Poliklinik dan Rumah Bersalin Rejosari Husada Delanggu Klaten dengan konsep Balanced Scorecard sebagai alternatif pengukuran kinerja yang komprehensif yang memperhitungkan aspek keuangan dan aspek non keuangan, dengan objek penelitian Poliklinik dan Rumah Bersalin Rejosari Husada Delanggu Klaten. Penilaian kinerja yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan yakni dengan rasio keuangan yang meliputi Return On Investment( ROI) , Profit Margin dan Rasio Operasi, dalam perspektif konsumen menggunakan Market Share, Tingkat Kepuasan Konsumen, dan Profitabilitas Konsumen, perspektif Internal Bisnis menggunakan Tingkat Kunjungan Rawat Jalan dan Average Lengts Of Stay( ALOS) , perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan menggunakan perhitungan Tingkat Produktivitas Karyawan, Tingkat Retensi Karyawan, dan Tingkat Kepuasan Karyawan. Dari analisa data dapat diketahui bahwa: pencapaian ROI selama tahun 2007-2009 mengalami peningkatan dari tahun ketahun, tetapi hanya pada tahun 2009 sebesar 11.44% yang berada diatas target sebesar 10%, Profit Margin pada tahun 2009 sebesar 19.22% berada diatas target sebesar 15%, Rasio Operasi yang dicapai pada tahun 2008 sebesar 31.86% dan tahun 2009 sebesar 43.84% berada diatas target sebesar 30%, pencapaian Market Share mengalami peningkatan tetapi pada tahun 2007 sebesar 48.85% berada dibawah target sebesar 50%, pencapaian kepuasan konsumen sebesar 27.86% pertahun masih kurang dari target sebesar 30% pertahun, profitabilitas yang dicapai mengalami peningkatan setiap tahunnya dan berada diatas target sebesar 90% pertahun, pencapaian Tingkat Kunjungan Rawat Jalan berada diatas target sebesar 70% dengan selalu mengalami peningkatan, ALOS yang dicapai pada tahun 2008 selama 3 hari berada diatas target selama 4 hari, pencapaian tingkat produktifvitas Karyawan tahun 2009 barada diatas target sebesar Rp. 10.000.000, Tingkat Retensi Karyawan yang dicapai pada tahun 2007 kurang dari target yang ditetapkan sebesar 5%, pencapaian tingkat kepuasan karyawan sebesar 15.36% berada diatas target sebesar 15%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Return on Investment( ROI), Rasio Operasi, Profit Margin, dan Market Share.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2010 09:31
Last Modified: 14 Nov 2010 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8904

Actions (login required)

View Item View Item