Studi Experimental Performa Suzuki Satria F 150 Menggunakan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Variasi Lubang Pada Diffuser

Wijayanti, Nuryustia Dwi and -, Ir. Sartono Putro, M.T. (2021) Studi Experimental Performa Suzuki Satria F 150 Menggunakan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Variasi Lubang Pada Diffuser. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf

Download (678kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Motor pembakaran dalam merupakan mesin konversi energi yang mengubah energi kalor menjadi energi mekanik yang digunakan sebagai penggerak mula alat transportasi, seperti motor dan mobil. Pembakaran campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan panas yang akan meningkatkan tekanan dalam silinder mesin. Tekanan inilah yang digunakan untuk menghasilkan tenaga yang akhirnya dapat menggerakan kendaraan. Performa motor bakar dapat ditinjau dari Daya, Torsi dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menaikan performa motor bakar adalah penggunaan Magic Ring. Dengan pemasangan Magic Ring, gas buang aktif sisa pembakaran akan kembali ke ruang bakar ketika kondisi Overlapping. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh modifikasi Magic Ring menjadi Exhaust Manifold perbandingan diameter outlet terhadap diameter inlet diffuser 1,60 dengan 3 lubang, 5 lubang, dan 7 lubang pada performa sepeda motor yaitu Torsi, Daya, dan Konsumsi Bahan Bakar Spesifik.pengujian dilakukan dengan menggunakan Dynotest, Alat ukur konsumsi bahan bakar, Thermocouple, dan Sepeda Motor Satria F 150. Hasil pengujian menunjukan bahwa performa mesin tertinggi didapat ketika sepeda motor menggunakan modifikasi Exhaust Manifold perbandingan diameter outlet terhadap diameter inlet diffuser 1,60 dengan 7 lubang. Torsi tertingginya 10,52 Nm pada putaran 7794 RPM, Daya tertingginya 11,7 HP pada putaran 7878 RPM, Konsumsi Bahan Bakar Spesifik terendahnya 0,226756022 Kg/Jam.HP pada putaran 8250 RPM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: exhaust manifold, magic ring, overlapping, diffuser, lubang
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: NURYUSTIA DWI WIJAYANTI
Date Deposited: 08 Feb 2021 05:17
Last Modified: 08 Feb 2021 05:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88844

Actions (login required)

View Item View Item