UMS ETD-db

HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PENDIDIKAN REMAJA DAN EKONOMI KELUARGA DENGAN SIKAP REMAJA UNTUK MEMUTUSKAN MENIKAH DI USIA MUDA DI DESA PRAPAG KIDUL - LOSARI - BREBES

Maemunah, Maemunah (2008) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR PENDIDIKAN REMAJA DAN EKONOMI KELUARGA DENGAN SIKAP REMAJA UNTUK MEMUTUSKAN MENIKAH DI USIA MUDA DI DESA PRAPAG KIDUL - LOSARI - BREBES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
152kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

585kB

Abstract

Pernikahan usia remaja mempunyai dampak yang banyak apalagi perkawinan yang dilakukan tanpa kematangan usia dan psikologis. Dampak dari nikah dini tersebut meliputi banyaknya kasus cerai , keluagra remaja masih hidup menumpang orang tua/mertua, putus sekolah, tingginya angka kematian ibu melahirkan usia muda, beresiko terkena kanker leher rahim serta tingginya resiko bayi meninggal. Permasalahannya adalah bagaimana tingkat pendidikan remaja dan ekonomi keluarga dihubungkan dengan sikap remaja untuk memutuskan menikah di usia muda. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan remaja dan ekonomi keluarga dengan skap remaja untuk memutuskan menikah di usia muda. Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan Retrospektif. Jumlah responden sebanyak 50 orang di desa Prapag Kidul-Losari-Brebes. Alat ukur yang dipakai adalah kuesioner tingkat pendidikan, ekonomi dan sikap terkait keputusan menikah di usia muda. Analisa hubungan menggunakan analisis Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan : (1) Jumlah remaja yang menikah diusia muda di desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, dalam kurun waktu 2005-2007 sebanyak 50 orang. (2) Tingkat pendidikan remaja yang menikah diusia muda mayoritas berpendidikan rendah, yaitu SD/MI kebawah. (3) Tingkat pendidikan orang tua remaja yang menikah diusia muda mayoritas berpendidikan rendah, yaitu SD/MI kebawah. (4) Tingkat ekonomi keluarga dari remaja sebelum menikah didesa Prapag Kidul adalah berekonomi rendah. (5) Ada hubungan antara faktor pendidikan remaja dengan sikap remaja untuk memutuskan menikah di usia muda di desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes (nilai (p) 0,002 < (alpha) = 0,05 dan thitung =2, 88 > ttabel = 2, 021). (6) Ada hubungan antara faktor ekonomi orang tua dengan sikap remaja untuk memutuskan menikah di usia muda di desa Prapag Kidul Kecamatan Losari Kabupaten Brebes (nilai (p) 0,030 < (alpha) = 0,05 dan thitung =2, 11 > ttabel = 2, 021).

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:J210040059
Uncontrolled Keywords:Tingkat pendidikan, Ekonomi, Sikap remaja menikah muda
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
ID Code:888
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:07 Feb 2009 03:28
Last Modified:01 Mar 2011 06:02

Repository Staff Only: item control page