UMS ETD-db

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PROTRAP PEMASANGAN KATETER URETRA DI RSUD Dr. SAYIDIMAN MAGETAN

Rahmawati, Devy Dwi (2008) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN PROTRAP PEMASANGAN KATETER URETRA DI RSUD Dr. SAYIDIMAN MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF
68kB
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

497kB

Abstract

Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan diharapkan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku di instansi tempat bekerja, sebab kepatuhan ini harus mengacu pada kemampuan mempertahankan program-program yang berkaitan dengan promosi kesehatan yang ditentukan oleh penyelenggara perawatan kesehatan. Keteterisasi adalah pemasangan kateter urine dengan melakukan insersi kateter Folly/Nelaton melalui uretra ke muara kandung kemih untuk mengeluarkan urine. Prosedur ini bertujuan untuk memulihkan atau mengatasi retensi urine akut atau kronis, pengaliran urine untuk persiapan operasi atau pasca operasi, dan menentukan jumlah urine sisa setelah miksi. Upaya memberikan pelayanan yang optimal di bangsal bedah ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah perilaku kepatuhan perawat yang meliputi pendidikan, pengetahuan, sikap dan masa kerja karena peneliti masih melihat adanya perawat yang melaksanakan tindakan pemasangan kateter uretra tidak sesuai dengan protap Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional untuk mengambarkan suatu keadaan secara obyektif. Tujuan khusus penelitian adalah ingin mengetahui pengaruh faktor-faktor pendidikan, lama bekerja, tingkat pengetahuan, dan sikap perawat terhadap kepatuhan dalam pelaksanaan protap pemasangan kateter uretra. Penelitian dilakukan di bangsal bedah Anggrek dan PICU/NICU RSUD Dr. Sayidiman Magetan pada bulan akhir September dan Oktober 2007. Populasi penelitian adalah tenaga pelaksana yang bertugas di RSUD Dr. Sayidiman Magetan. Sampel yang digunakan adalah semua perawat yang berada di bangsal anggrek dan PICU/NICU dengan jumlah perawat 40 orang. Teknik sampel adalah total sampling. Setelah dikurangi perawat yang ijin dan cuti, maka jumlah sampel sebanyak 30 perawat. Pengujian hipotesis penelitian menggunkaan uji Regresi Logistik karena salah satu variabel penelitian bersifat dummy. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan perawat terhadap pelaksanaan protap pemasangan kateter uretra di ruang PICU/NICU di Rumah Sakit Dr.Sayidiman Magetan, (2) tidak terdapat pengaruh tingkat pengetahuan perawat terhadap pelaksanaan protap pemasangan kateter uretra di ruang PICU/NICU di Rumah Sakit Dr.Sayidiman Magetan, (3) terdapat pengaruh sikap perawat terhadap pelaksanaan protap pemasangan kateter uretra di ruang PICU/NICU di Rumah Sakit Dr.Sayidiman Magetan, dan (4) tidak terdapat pengaruh lama bekerja perawat terhadap pelaksanaan protap pemasangan kateter uretra di ruang PICU/NICU di Rumah Sakit Dr.Sayidiman Magetan sebagian besar telah bekerja selama 2 tahun.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:J210030019
Uncontrolled Keywords:pendidikan, lama bekerja, pengetahuan, sikap, dan kepatuhan perawat.
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
ID Code:887
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:07 Feb 2009 03:18
Last Modified:01 Mar 2011 06:17

Repository Staff Only: item control page