PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010

RIZAL , M. ICHSAN RAHMANY (2010) PENERAPAN METODE ‘KARIIMAH’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PUSAT PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MAHIR, COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000040109.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
G000040109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Membaca Al Qur’an dipandang sebagai ibadah yang mulia dalam agama Islam. Nabi besar Muhammad SAW telah bersabda bahwa sekali waktu seseorang mengaji Al-Qur’an, membaca setiap huruf membawa pahala sama dengan pahala sepuluh kali lipat perbuatan baik. Sebagai kewajiban ummat Islam untuk mempelajari dan mengamalkannya, pendidikan Al-Qur’an kini telah meluas dikalangan masyarakat. Banyak metode maupun cara pembelajaran telah dikembangkan untuk menghasilkan bacaan Al-Qur’an yang berkualitas di kalangan Ummat Islam. Berkenaan dengan latar belakang masalah di atas maka penelitian ini penulis bertujuan mengungkapkan langkah apakah yang ditempuh dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya dalam metode Kariimah yang dikembangkan oleh Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mewujudkan tujuan penulisan di atas maka diadakan penelitian, secara umum dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif yang menggunakan studi deskriptif, yaitu dengan menggunakan gambaran secara faktual, akurat dan sistematis mengenai kasus dan peristiwa serta fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an yang menggunakan penerapan metode Kariimah di Pusat Pendidikan Al-Qur’an Al-Mahir sudah cukup baik dan cukup efektif dilihat dari tingkat keberhasilan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Metode Kariimah yang dirancang dan diterapkan di PPQ Al-Mahir disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik dimulai dari Program Pemula, Program Pra Tahsin, Tahsin dan Tahfizh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, metode Kariimah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 28 Oct 2010 03:33
Last Modified: 14 Nov 2010 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item