UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 03 SRINGIN KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SULININGSIH , SULININGSIH (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 03 SRINGIN KEC. JUMANTONO KAB. KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510081026.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
A510081026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 03 Sringin Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas I SD 03 Sringin. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode tes, dokumentasi dan obsevasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang memiliki empat komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian peneliti mulai mengambil kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan tiga siklus dan meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara permainan yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan media pembelajaran berupa kartu huruf, kartu kata, kartu kalimat serta papan gabus. Hasil observasi tentang a) perhatian siswa selama pembelajaran pada siklus I 66,7%; siklus II 87,5% dan siklus III 91,7% b) kelancaran siswa dalam membaca pada siklus I 50%; siklus II 83,3%; siklus III 91,7% c) kelitian siswa dalam menulis pada siklus I 45,8%; silkus II 75%; siklus III 87,5%. Nilai rata-rata membaca dan menulis permulaan sebelum tindakan adalah 59,78 untuk membaca dan 58,91 untuk menulis sedangkan pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 70,3 untuk membaca dan menulis 64,5. Pada siklus II nilai rata-rata membaca 73,26 dan menulis 70,6. Pada siklus III nilai rata-rata membaca 78,47 dan menulis 77,8. Dengan permainan bahasa terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 03 Sringin Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan bahasa, keterampilan membaca dan menulis permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 05:48
Last Modified: 14 Nov 2010 13:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item