IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

HAKIM, MUH ARIF RAHMAN (2010) IMPLEMENTASI METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI ALAT PERNAPASAN MANUSIA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KEMUSU BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510081010.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A510081010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 1 Kemusu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 1 Kemusu kecamatan Kemusu kabupaten Boyolali dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai tersebut dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa dari 24 siswa pada pembelajaran Pra Siklus ada 66,6 % siswa yang belum menguasai materi/belum tuntas, pada pembelajaran menggunakan metode CTL pada siklus I sampai siklus III, sklus I masih ada 62,1% siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II terdapat 37,5% siswa yang belum tuntas, dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dari prosentase siswa tersebut pada pembelajaran pra siklus 16 siswa belum tuntas, siklus I menurun menjadi 15 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus II tinggal 9 siswa yang belum tuntas, sedangkan siklus III seluruh siswa yakni 24 siswa dapat mencapai taraf tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kemusu setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan tindakan kelas. dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode CTL dapat meningkatkan penguasaan materi IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Kemusu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2009 /2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 05:05
Last Modified: 14 Nov 2010 13:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item