PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KARANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR KELAS V SD NEGERI GRINGGING 3 SAMBUNGMACAN SRAGEN

SUMARYANI , SRI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KARANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR KELAS V SD NEGERI GRINGGING 3 SAMBUNGMACAN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510081006.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A510081006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran membuat karangan dengan media gambar di kelas V SDN Gringging III Desa Gringging Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen dan (2) Untuk mengetahui keefektifan siswa dalam pengajaran penggunaan media gambar dalam pembelajaran membuat karangan di kelas V SDN Gringging III Desa Gringging Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 70 sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari sebelum tindakan ada 82 % atau 14 siswa yang nilainya kurang dari KKM,18 % atau 3 siswa yang berhasil. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I ada peningkatan 76 % atau 13 siswa yang nilai kurang dari KKM,24 % atau 4 siswa yang telah berhasil. Kemudian diadakan siklus ke II karena nilai siklus I belum memenuhi KKM, dan pada siklus II 100% keseluruhan siswa sudah mampu membuat Karangan dengan baik.dengan nilai memenuhi KKM. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan membuat karangan dengan media gambar kelas V SD Negeri Gringging 3 Sambungmacan Sragen karena adanya peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilaksanakan siklus I dan II. Berdasarkan hasil akhir penelitian ini disarankan kepada: (1) Bagi Sekolah Hendaknya sekolah mengupayakan pengadaan alat peraga mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya. Alat peraga tersebut diusahakan yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan daya pikir dan imajinasi siswa secara baik. Upaya ini bisa dilakukan melalui droping dari pemerintah atau swadaya dari sekolah.(2) Bagi Guru merupakan tugas mulia yaitu mencetak dan mendidik generasi bangsa yang baik pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan. Untuk itu dialam mengajar, guru hendaknya mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Menyiapkan secara cermat perangkat pendukung pembelajaran terutama dalam memilih dan menentukan media pembelajaran juga strategi pembelajarannya. Semua itu pada akhirnya berpengaruh pada proses dan prestasi belajar siswa. (3) Bagi Orang Tua Keberhasilan pendidikan bukan saja bergantung pada guru dan pemerintah, tetapi juga tergantung pada masyarakat atau orang tua. Orang tua yang bijak, jika anaknya ingin maju dan berhasil dalam belajar maka harus berperan aktif dalam memperhatikan anak. Peran itu misalnya menyediakan kebutuhan pendidikan yang diperlukan, memperhatikan situasi belajar anak dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membuat Karangan, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:55
Last Modified: 14 Nov 2010 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item