PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) MATERI KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 GEDONG KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARTANTI, SRI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) MATERI KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 GEDONG KECAMATAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070677.pdf

Download (125kB)
[img] PDF
A510070677.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yang terdiri dari langkah-langkah berupa klasifikasi data, penafsiran data, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar siswa pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia diperoleh data ketuntasan belajar siswa adalah 36%, pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 76%, dan pada siklus ketiga ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Pada siklus ketiga semua siswa telah memperoleh nilai hasil belajar sesuai dengan KKM yaitu 7,0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Gedong pada materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD (Student Team Achievement Divisions, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:26
Last Modified: 14 Nov 2010 13:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8789

Actions (login required)

View Item View Item