UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

Dahniar, Ice (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH PARAKAN BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070638.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
A510070638.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memperbaiki tingkat pemahaman siswa pada pelajaran IPA. 2) Untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam proses kegiatan pembelajaran IPA. 3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan pesawat sederhana, yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Bolong Karanganyar, mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 3 siklus dimana terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan hasil belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Bolong Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Tek nik analisis data yang digunakan adalah teknik analiis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau ferifikasi. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatpeningkatan rata-rata dari 63,6 pada pra tindakan menjadi 67 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 67 menjadi 72. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus II ke siklus III meningkat dari 72 menjadi 76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Parakan Bolong Karanganyar. materi Pesawat sederhana..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, IPA, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:19
Last Modified: 26 Nov 2019 02:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item