Rekognisi Penyelesaian Sengketa Adat Berbasis Prinsip Deliberatif: Sistem Pengakuan Penyelesaian Sengketa Pengadilan Adat Jenang Kutei Masyarakat Rejang Lebong Bengkulu

Ellyani, Emma and , Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, S.H., M.Hum and , Prof. Dr. Absori, S.H., M.Hum (2020) Rekognisi Penyelesaian Sengketa Adat Berbasis Prinsip Deliberatif: Sistem Pengakuan Penyelesaian Sengketa Pengadilan Adat Jenang Kutei Masyarakat Rejang Lebong Bengkulu. Disertasi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Ringkasan Disertasi)
Emma ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Peradilan Jenang Kutei menjadi preferensi dalam segala penyelesaian perselisihan atau perkara pada masyarakat Rejang Lebong karena lebih mengedepankan kekeluargaan yang penuh musyawarah. Keputusan dalam Jenang Kutei itu diambil berdasarkan nilai-nilai yang hidup sesuai dengan alam rohaniah dan hidup kemasyarakatan.Pengadilan Adat Jenang Kutei adalah lembaga pengadilan desa yang telah dipraktikan secara turun-temurun. Jenang Kutei menggunakan kitab hukum adat dan dijalankan di kabupaten Rejang Lebong.Jenang Kutei tumbuh dari fenomena empirik, namun sisi substansi yaitu keadilan lebih substansif. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan Socio-legal, yaitu pendekatan yang mencoba mengkombinasikan diri dengan pendekatan non hukum atau pendekatan di luar rumpun ilmu hukum, yang dalam penelitian ini mengkombinasikan antara pendekatan dalam disiplin ilmu hukum, dan disiplin ilmu sosial. Hasil Penelitian memberikan tawaran maupun alternatif dalam sebuah penegakan hukum mengingat sifat deliberatifnya. Proses penegakan hukum dalam Jenang Kutei juga bisa menghindari yang bersifat formalistik, serta bisa memberikan rasa kasih sayang. Rekoginsi atau pengakuan pada dasarnya berangkat dari pemikiran dengan mengambil asumsi asumsi tentang manusia. Rekognisi berarti bahwa semua ide tersebut disatukan di dalam konsep kesadaran diri (self-consciousness) yang dialami melalui proses pengakuan timbal balik dan rekonsiliasi pada level sosial terhadap pengadilan Jenang Kutei.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Sengketa Adat, Prinsip Deliberatif,Pengadilan Adat, Jenang Kutei, Rejang Lebong Bengkulu
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Program Doktor (S3) Ilmu Hukum
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:05
Last Modified: 18 Jan 2024 02:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87851

Actions (login required)

View Item View Item