UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

SUAIBAH , SITI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070629.pdf

Download (66kB)
[img] PDF
A510070629.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan metode pembelajaran kontekstual siswa kelas I SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo 2. Mengetahui ketepatan program pembelajaran bahasa dengan metode pembelajaran kontekstual agar dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas I SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh komponen yang ada di I SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 yang termasuk di dalamnya Guru, Siswa Kelas I SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil subjek siswa kelas 1 SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Data tentang keterampilan membaca sebagai dampak dari penggunaan metode kontekstual diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan test. Analisis data menggunakan model induktif interaktif dengan komponen: 1) reduksi data, 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan Adapun hasil penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I Semester II pada siklus I sebesar 70, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II 2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 9 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 12 siswa), pada siklus II sebesar 91,67 % (11 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 12 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Melalui metode konstektual dapat meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia (kemampuan membaca) pada siswa kelas I Semester II SD Negeri 02 Karangturi Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2009 / 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan membaca, kontkekstual, siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 04:07
Last Modified: 14 Nov 2010 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8784

Actions (login required)

View Item View Item