MENINGKATKAN NILAI TES FORMATIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATH PELAJARAN IPA SEMESTER I PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BOTOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HARDIYANTI , SRI (2010) MENINGKATKAN NILAI TES FORMATIF SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATH PELAJARAN IPA SEMESTER I PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BOTOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070588.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
A510070588.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan nilai tes formatif IPA pada siswa kelas V semester I SD Negeri 01 Botok melalui penerapan metode Index Card Math. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru SD Negeri 01 Botok kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari nilai test formatif siswa kelas V SD Negeri 01 Botok setelah diadakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat yakni dari pembelajaran dengan sebelum dilaksanakannya tindakan dan sesudah dilakukan penelitian tindakan. Pada proses pembelajaran, dari frekuensi nilai dapat dilihat bahwa dengan kriteria ketuntasan siswa maka dari 23 siswa pada siklus I yang belum tuntas ada 57 %, siklus II yang belum tuntas menurun menjadi 32 % sedangkan siklus III 0 %. Atau pada siklus I yang belum tuntas ada 13 siswa, siklus II yang belum tuntas ada 7 siswa, sedangkan proses pembelajaran siklus III secara keseluruhan yakni 23 siswa telah tuntas. Dengan demikian dapat diajukan rekomendasi bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode index card math dapat meningkatkan nilai test formatif siswa pada SD Negeri 01 Botok kecamatan Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2009 /2010

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Math, Nilai Formatif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 03:08
Last Modified: 14 Nov 2010 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item