PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SRI WAHYUTI , RITA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MELALUI PETA KONSEP SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM KELAS V SEMESTER I SDN 03 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070554.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
A510070554.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal sebagai upaya meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman keragaman kenampakan alam pada siswa kelas V semester I SD Negeri 03 Karangrejo Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPS tentang Keragaman kenampakan Alam pada siswa kelas V SD Negeri 03 Karangrejo setelah dilaksanakan tindakan kelas. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang diperoleh siswa meningkat. Penigkatan hasil belajar siswa tampak dari pembelajaran pada kondisi awal atau pra siklus dan sesudah dilakukan tindakan kelas. Pada hasil pembelajaran kondisi awal atau Pra Siklus dari 25 siswa masih terdapat 15 siswa belum tuntas, sedangkan siklus I yang belum tunats menurun tinggal 13 siswa atau atau 53%, siklus II terdapat 6 siswa atau 24 % dan siklus III telah mencapai taraf tuntas secara keseluruhan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching model peta konsep secara klasikal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 03 Karangrejo ahun pelajaran 2009 /2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching Model Peta Konsep Secara Klasikal Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 02:31
Last Modified: 08 Jun 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item View Item