UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LUAS BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 03 TAWANGSARI KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

SUKIMIN, SUKIMIN (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG LUAS BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 03 TAWANGSARI KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070553.pdf

Download (18kB)
[img] PDF
A510070553.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 03 Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 pada pokok bahasan bangun datar setelah dianalisis mempunyai hasil belajar yang rendah yaitu skor rata-rata dibawah 60 dan ketuntasan belajar dibawah 50%. Kegagalan ini diduga karena siswa terjebak dalam rutinitas, media pembelajaran yang kurang, penilaian terfokus pada aspek kognitif (mengingat dan menyebutkan). Berdasar dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian adalah, ” Apakah melalui metode demonstrasi pada pembelajaran matematika tentang materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 03 Tawangsari tahun pelajaran 2009/2010?”. Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah untuk : (1) Tujuan penulis dari penelitian ini adalah mengembangkan pembelajaran Matematika dengan metode Demonstrasi dan (2) Untuk mengetahui apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar bagi siswa kelas V SDN 03 Tawangsari. Dengan anggapan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas bangun datar pada siswa kelas V SDN 03 Tawangsari tahun ajaran 2009/2010 maka guru dapat memanfaatkan hasil diskusi dan tes dalam rangka mengetahui peningkatan hasil belajar serta keaktifan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 70 hanya 22.7 % dari 22 siswa, maka guru menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana data awal digunakan sebagai pembanding untuk mengetahui perkembangan dan peningkatan hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah dilakukannya siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran melalui metode demonstrasi oleh guru diperoleh data sebagai bahwa kondisi awal persentase keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran 22.7%, pada pembelajaran siklus I sebesar 40.54%, kemudian meningkat sebesar 41.27 % pada pembelajaran Siklus II sehingga persentase keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2010 02:28
Last Modified: 08 Jun 2012 09:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item