UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SARI, OKKY KARTIKA (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG PERUBAHAN WUJUD ZAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KARANGREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070535.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A510070535.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri 04 Karangrejo Kecamatan Kerjo melalui penerapan metode eksperimen. (2) untuk mengetahui prestasi belajar IPA tentang perubahan wujud zat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Karngrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010. (3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas IV Sekolah Dasr Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 dalam penerapan metode peksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo yang berjumlah 19 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari tiga tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo. Jenis data berupa pemahaman tentang perubahan wujud zat. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang berupa peningkatan pemahaman tentang perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan bahwa perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri 04 Karangrejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM berjumlah 11 siswa atau 57,89 % dari jumlah seluruh siswa. Pada silus II siswa yang mndapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 13 siswa atau 68,42 % dari jumlah seluruh siswa, Sedangkan pada siklus III siswa yang mendapat nilai di atas nilai KKM berjumlah 17 siswa atau 89,47 % dari jumlah seluruh siswa. Hal ini mengidikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan wujud zat. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran perubahan wujud zat dalam mata pelajaran IPA. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode eksperimen membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Metode eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 07:46
Last Modified: 14 Nov 2010 14:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item