OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

SUDARYANTI , SUDARYANTI (2010) OPTIMALISASI ALAT PERAGA NOTASI JAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KUTO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070533.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
A510070533.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010, (2) apakah penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga notasi jam terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto. (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2009/2010 melalui penggunaan alat peraga notasi jam. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 04 Kuto yang berjumlah 13 siswa dan guru kelas II. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif. (1) Hasil penelitian yang diperoleh adalah : Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010 yang ditunjukkan dari capaian nilai siswa yang mula-mula padai siklus I siswa yang aktif sebesar 48,71% .Pada siklus II 66,66% ( mengalami peningkatan sebesar 18,95% ). Pada siklus III aktivitas siswa sebesar 80,76% (mengalami peningkatan sebesar 14,23%). (2) Penggunaan alat peraga notasi jam dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari peningkatan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika yang semula hanya 52,69% siswa.Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 65,38% (mengalami peningkatan sebesar 12,69% ).Pada siklus II hasil yang dicapai 75,38% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ).Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 85,76% ( mengalami peningkatan sebesar 10,38% )

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, motivasi, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 07:35
Last Modified: 08 Jun 2012 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8764

Actions (login required)

View Item View Item