PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SDN 03 SUMBEREJO KARANGANYAR TAHUN 2009/ 2010

SUWANTO, SUWANTO (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PERKALIAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SDN 03 SUMBEREJO KARANGANYAR TAHUN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070531.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A510070531.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menguasai pemahaman konsep matematika terutama dalam menyelesaikan operasi hitung perkalian. Berdasar dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian adalah, ”apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang hitung perkalian bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sumberejo tahun 2009/2010?”. Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah untuk : (1) meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung perkalian pada umumnya dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung perkalian melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada khususnya. Diharapkan penelitian ini akan bermanfaat bagi SDN 03 Sumberejo, Guru SDN 03 Sumberejo khususnya dan guru mata pelajaran matematika pada umumnya, serta siswa sebagai objek penelitian. Dengan anggapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang hitung perkalian bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Sumberejo tahun 2009/2010 maka guru dapat mengoptimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan hasil diskusi dan tes dalam rangka mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan 75 sangat rendah yaitu hanya 30 % dari 20 siswa, maka guru menggunakan metode kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I dan siklus II untuk mendapatkan nilai ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe STAD oleh guru diperoleh data sebagai bahwa kondisi awal persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran 30%, pada pembelajaran siklus I sebesar 50%, meningkat sebesar 20 %. Sedangkan pada pembelajaran Siklus II persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Operasi hitung perkalian, Kooperatif, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 07:47
Last Modified: 14 Nov 2010 14:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8761

Actions (login required)

View Item View Item