PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010

SUWARTI, SUWARTI (2010) PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI ALAT PERAGA RIIL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG SIFAT BENDA SISWA KELAS II SDN 02 JATIHARJO JATIPURO TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070507.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
A510070507.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam siklus pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan dalam dua kali tindakan perbaikan (siklus). Obyek penelitian adalah siswa dan guru kelas II serta kepala sekolah SDN 02 Jatiharjo Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2010. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan test evaluasi belajar. Data penelitian selanjutnya dianalisis untuk mengetahui apakah pelaksanaan siklus penelitian telah memenuhi target pencapaian yang ditetapkan. Penelitian berhasil menyimpulkan bahwa: (1) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang pokok bahasan sifat zat, (2) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (3) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan ketrampilan siswa tentang pokok sifat zat, dan (4) tindakan perbaikan menggunakan pendekatan kontekstual menggunakan alat peraga riil pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sifat zat pada siswa kelas II SD Negeri 02 Jatiharjo Jatipuro Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, pendekatan kontekstual, alat peraga riil, pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 07:32
Last Modified: 08 Jun 2012 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item