MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

NGADIYATI , SRI (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070499.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
A510070499.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu: (1) Apakah dengan menerapkan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV?, (2) Apakah dengan menerapkan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV?. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dengan menerapkan metode Numbered Heads Together, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dengan menerapkan metode Numbered Heads Together. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar pengamatan, tes, serta daftar nilai kelas IV SDN 01 Nangsri. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 63 adalah 57.14%, pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 67.85%, keaktifan belajar siswa selama appersepsi 57%, keaktifan selama proses pembelajara 54%, keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok 43%. Pada siklus II hasil belajar menjadi 75%, keaktifan belajar siswa selama appersepsi 71%, keaktifan selama proses pembelajara 62%, keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok 68%. Pada siklus III mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 89.28% siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, 81% siswa ikut aktif dalam pemberian appersepsi, keaktifan siswa selama proses pembelajara 86%, keaktifan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok 93% dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV, (2) penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Nangsri Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, NHT.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 05:25
Last Modified: 14 Nov 2010 14:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item