MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI BIMBINGAN INDIVIDUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 JATIROYO JATIPURO

ASTUTI , PUJI (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI BIMBINGAN INDIVIDUAL PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 JATIROYO JATIPURO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070453.pdf

Download (83kB)
[img] PDF
A510070453.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kamampuan bertanya pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui bimbingan individual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Jatiroyo, Jatipuro, Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN 03 Jatiroyo Jatipuro yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya pada pembelajaran bahasa Indonesia melalui biMbingan individual. Hal ini dapat dilihat dari : 1) nilai kemampuan bertanya siswa yang aktif selama apersepsi dalam pembelajaran adalah siklus I 67, siklus II 76, dan siklus III 79.Nilai kemampuan bertanya siswa yang aktif selama KBM berlangsung adalah siklus I 68, siklus II 74, dan siklus III 77, 2) Nilai kemampuan bertanya dan keberanian siswa dalam menyampaikan ide, gagasan atau pendapat adalah siklus I 71, siklus II 72, dan siklus III 77, 3) Nilai keberanian bertanya dan kreativitas anak dalam melakanakan tugas adalah siklus I 68, siklus II 73 dan siklus III 77, 4) Nilai kemampuan bertanyai siswa yang mampu menunjukkan hasil kerja dengan baik dan mampu menjawab pertanyaan dengan tepat adalah siklus I 67, siklus II 72, dan siklus III 75. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan bertanya pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas IV SDN 03 Jatiroyo dengan bimbingan individual, sehingga berdampak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bertanya, bimbingan individual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:11
Last Modified: 08 Jun 2012 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item