PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MARGIYONO, MARGIYONO (2010) PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN OPERASI HITUNG DALAM KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 JATIPURO KECAMATAN JATIPURO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A510070451.pdf

Download (109kB)
[img] PDF
A510070451.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro yang berjumlah 31 siswa. Adapun prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian, yaitu: “Penggunaan alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan konsep operasi hitung pecahan bagi siswa kelas IV SDN 01 Jatipuro tahun 2009/2010 ”. Dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa: kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses pembelajaran meningkat dari 54 % pada siklus I meningkat menjadi 75 % pada siklus II dan pada siklus III menjadi 79 % berkategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil tes siswa meningkat, dari hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ada 64,5 % yang tuntas belajar meningkat menjadi 83,9 % pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 93,5 %, KKM. 60 terpenuhi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa melalui alat peraga blok pecahan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipuro semester I Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 dengan peningkatan hasil belajar yang cukup menggembirakan serta memacu guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan alat peraga pembelajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Blok Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:07
Last Modified: 14 Nov 2010 14:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8739

Actions (login required)

View Item View Item