PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI METODE IQR0'(Studi Kasus di TK Pertiwi Karangtalun 1 Sragen Kelas B 2 Tahun Ajaran 2009 / 2010)

ERNAWATI, PEPTI (2010) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI METODE IQR0'(Studi Kasus di TK Pertiwi Karangtalun 1 Sragen Kelas B 2 Tahun Ajaran 2009 / 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085018.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
A520085018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa pengembangan kemampuan membaca yang dulunya menggunakan metode mengeja hasilnya kurang memuaskan diganti dengan pengembangan kemampuan membaca melalui metode Igro' yang hasilnya sangat memuaskan. Anak sangat aktif dalam pembelajaran membaca dengan melalui metode Igro'. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengembangan pembelajaran membaca melalui metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Sragen dan untuk mengetahui respon anak dalam pembelajaran membaca melalui metode Igro' siswa di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan kemampuan membaca melalui metode Igro' untuk mendiskripsikan impementasi pengembangan kemampuan membaca melalui metode Igro' dan mengaskripsikan respon anak dalam pembelajaran dengan menggunakan metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dengan menggunakan tahap deskripsi, analisis, interpretasi, evaluasi, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa implementasi pengembangan kemampuan membaca dengan menggunakan metode Igro' di TK Pertiwi Karangtalun 1 Kelas B.2 Sragen dilakukan melalui 3 cara yaitu melalui pengenalan suku kata langsung ditulis di papan tulis, melalui permainan menebak kartu kata atau huruf, melalui membaca buku aisem Anak Islam Suka Membaca dan respon anak dalam pengembangan kemampuan membaca anak sangat bersemangat, sangat aktif dan sesuai dengan kemampuan atau minat anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode iqro, pengembangan kemampuan membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 07:48
Last Modified: 11 Jun 2012 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item View Item