IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE MEMBACA CEPAT KUBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL

PRATIWI , SITTI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE MEMBACA CEPAT KUBACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A520085017.pdf

Download (103kB)
[img] PDF
A520085017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatakan kemampuan membaca awal 2) mendiskripsikan implementasi membaca melalui metode membaca cepat Kubaca, 3) mengetahui apakah metode membaca cepat kubaca dapat meningkatkan kemampuan membaca awal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, riview, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sebagai penjamin validitas data digunakan teknik trianggulasi data. Teknis analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yang dilakukan dengan teknik alur, yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) anak-anak mengalami peningkatan kemampuan membaca 2) anak-anak mengalami peningkatan keberanian untuk membaca tanpa rasa ragu dan takut 3) anak-anak mengalami kemampuan menyusun kalimat dengan media kartu kata 4) upaya meningkatkan kemampuan membaca awal dapat menggunakan berbagai variasi metode membaca cepat kubaca 5) implementasi pembelajaran dengan metode membaca cepat kubaca menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan 6) setelah anak mampu membaca level membaca kubaca tahap satu dapat dikembangkan dengan menambah perbendaharaan kata yang lebih komplek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, membaca awal, metode kubaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 07:44
Last Modified: 11 Jun 2012 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item View Item