Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 3 Surakarta

Nugroho, Eri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2020) Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (715kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (807kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Halaman Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Usaha untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca dapat dilakukan melalui program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, 2) minat baca siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, 3) hambatan dalam implementasi program gerakan literasi sekolah, 4) solusi yang diterapkan dalam menghadapi hambatan implementasi gerakan literasi sekolah . Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakakn melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sedang dikembangkan oleh sekolah dapat diamati melalui, salah satu kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran, dan adanya karya yang ada didalam kelas yang kaya teks 2) Proses menumbuhkan minat baca siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat terlaksana, di mana anak-anak di antusias melakukan kegiatan literasi di perpustakaan, 3) Hambatan dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah 3 Surakarta, antara lain kurangnya sosialisasi, 4) Solusi yang ditawarkan dalam menghadapi hambatan yang ada antara lain, yaitu stakeholder harus memiliki kreativitas dalam rangka menginisiasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan mencari informasi tentang GLS di internet ataupun buku terkait.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ERI NUGROHO
Date Deposited: 11 Nov 2020 22:51
Last Modified: 11 Nov 2020 22:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87112

Actions (login required)

View Item View Item