PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROPORSI WAKTU BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010

LESTARI, SULISTIORINI DWI (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROPORSI WAKTU BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060194.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A210060194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) Pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi; 3) Pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Purworejo tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 192 siswa. Sampel diambil sebanyak adalah 48 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,363 + 0,545.X1 + 0,616.X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2009/2010. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 3,093 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 26,8%; 2) Minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2009/2010. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 4,069 > ttabel (2,021) dengan p-value = 0,001 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 37,1%; 3) Persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 39,854 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,23 pada taraf signifikansi 5%. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,639 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang proporsi waktu belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 63,9%, sedangkan 36,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya motivasi belajar, sarana dan prasarana belajar, kualitas pembelajaran, lingkungan belajar, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Proporsi Waktu Belajar, Minat Baca, Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 03:02
Last Modified: 14 Nov 2010 14:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item