ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI DAN PENENTUAN BESARNYA PENGAMBILAN PREMI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBAYARAN PREMI (DI AJB 1912 RAYON KLATEN)

Oktiyani, Rina (2008) ANALISIS PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI DAN PENENTUAN BESARNYA PENGAMBILAN PREMI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBAYARAN PREMI (DI AJB 1912 RAYON KLATEN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_040_087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Premi yang diterima oleh perusahaan asuransi dilakukan melalui penagihan atau pembayaran langsung oleh nasabah, maka dari itu perusahaan dan nasabah memerlukan informasi akuntansi yang berguna bagi kedua belah pihak. Informasi akuntansi sangat penting bagi nasabah asuransi karena dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam membayar premi secara tepat waktu.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh informasi akuntansi dan penentuan besarnya pengambilan premi terhadap efektivitas pembayaran premi. Penelitian menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah asuransi di Asuransi Jiwa Bersama (AJB) 1912 Rayon Klaten. Sampel diambil sebesar 50 orang responden yang diambil dengan teknik purposive sampling dan teknik convenience samplig . Data yang diperoleh diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha . Analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi serta dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap efektivitas pembayaran premi. dan H1 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Informasi akuntansi mampu membuat pembayaran premi lebih efektif. (2) Besarnya pengambilan premi berpengaruh positif terhadap efektifitas pembayaran premi. dan H2 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya semakin besar pengambilan premi, maka pembayaran premi akan semakin efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: informasi akuntansi, penentuan besarnya pengambilan premi, efektivitas pembayaran premi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jul 2008 04:30
Last Modified: 17 Nov 2010 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item