PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATIROTO TAHUN AJARAN 2009/2010

KRISTIANA, DINA (2010) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JATIROTO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060168.pdf

Download (948kB)
[img] PDF
A210060168.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pengalaman mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jatiroto. 2) Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jatiroto. 3) Pengaruh pengalaman mengajar dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi IPS Ekonomi kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jatiroto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP NEGERI 1 Jatiroto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatiroto tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 221 siswa. Sampel diambil sebanyak 137 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview, angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, R2, perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 33,669 + 0,667X1 + 0,571X2, artinya prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh pengalaman mengajar dan profesionalisme guru. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif pengalaman mengajar terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 8,532 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang positif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,402 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh yang positif pengalaman mengajar dan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 81,090 > 3,064 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,548, berarti 54,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengalaman mengajar dan profesionalisme guru, sedangkan sisanya 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel pengalaman mengajar guru (X1) memberikan sumbangan relatif sebesar 55,8% dan sumbangan efektif 30,6%. Variabel profesionalisme guru (X2) memberikan sumbangan relatif sebesar 44,2% dan sumbangan efektif 24,2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman mengajar, profesionalisme guru dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 07:45
Last Modified: 14 Nov 2010 14:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8696

Actions (login required)

View Item View Item