Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Perubahan Perilaku Siswa Dalam Perspektif Psikologi Komunikasi(Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta)

, Hanif and , Dr. Achmad Muhibin (2020) Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Perubahan Perilaku Siswa Dalam Perspektif Psikologi Komunikasi(Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi hanif L100120122.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SP HAnif001.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (lampiran)
skripsi lampiran hanif L100120122 .pdf

Download (712kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berkomunikasi seorang guru kepada siswa dan hubungannya terhadap perubahan perilaku siswa ditinjau dari perspektif ilmu psikologi komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sampel yang dipilih adalah guru dan staf yang mengamati komunikasi antara guru dan siswa yang berlangsung sehari-hari, serta siswa sebagai individu yang berkomunikasi dengan guru secara langsung. Pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dan snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam. Keabsahan data diuji dengan tehnik triangulasi sumber. Untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan menggunakan analisis data sistematis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan berkomunikasi guru dalam menjalin hubungan dengan siswa dapat mempengaruhi perilaku siswa. Informan menyatakan hubungan kedekatan antara siswa dengan guru agama telah merubah pola pikir dan perilaku siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, psikologi komunikasi, perubahan perilaku
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: HANIF
Date Deposited: 06 Nov 2020 11:19
Last Modified: 06 Nov 2020 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/86955

Actions (login required)

View Item View Item